Minggu, 15 Januari 2012

Tangan Sering Dingin, Apa Artinya?


Kiasan "tangan yang dingin, hati yang hangat" memang sangat manis, tapi tidak cocok ketika Anda ingin mengetahui apa arti tangan yang dingin untuk kesehatan kita.

Seiring suhu yang makin dingin, wajar saja bila tangan kita ikut dingin. Sebab, mengurangi peredaran darah secara ekstrem adalah cara tubuh menjaga kehangatan. Bila pada cuaca cerah tangan Anda tetap dingin, itu berarti sistem peredaran Anda sedang bekerja untuk mengatur kehangatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, beberapa gejala perlu diwaspadai sebab bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Mereka antara lain adalah tangan dan kaki yang terus-menerus dingin, perubahan warna kulit, mati rasa, gatal-gatal, sakit atau melepuh, serta kulit yang menebal.

Penyakit yang bisa dikaitkan dengan tangan yang dingin

Menurut Mayo Clinic, penyakit paling umum yang bisa diasosiasikan dengan tangan yang dingin adalah anemia, penyakit Bierger, diabetes, peripheral vascular disease (PVD), penyakit Raynaud, dan scleroderma. Untuk mengetahui persis masalahnya, Anda harus bertanya ke dokter.

Buku "Body Signs" oleh Joan Liebmann-Smith dan Jacqueline Nardi Egan menunjukan, tangan dan kaki yang terus-menerus mengalami kedinginan juga bisa berarti reaksi untuk beberapa obat-obatan. Coba periksakan ke dokter.

Tangan yang dingin bisa pula disebabkan oleh radang dingin. Ketika tubuh menghadapi suhu di bawah nol derajat Celcius untuk waktu yang lama, lapisan kulit bisa membeku. Gejala itu biasanya muncul di kaki, tangan, hidung, dan kuping. Anda mungkin mengalami mati rasa atau gatal-gatal, dan kulit Anda akan tampak pucat dan putih dan sulit dipegang.

Dalam beberapa kasus, kulit itu mungkin melepuh dan menghitam karena sel-sel yang mati. Jika mengalami radang dingin, pergilah segera ke dokter atau UGD.

Menjaga agar tangan tetap hangat
Cara terbaik untuk menjaga tangan agar tetap hangat di luar ruangan adalah menggunakan sarung tangan yang tahan air. Jika Anda harus menggunakan sarung tangan biasa, gunakan dua lapis, tapi pastikan menggunakannya sedikit longgar supaya tidak menghambat peredaran darah. Di dalam ruangan sarung tangan tanpa jari bisa Anda gunakan untuk bekerja dan menjaga tangan Anda tetap hangat.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More